Perjalanan Menuju Impian


Bismillah.... Blog mamahdirumah ini aku persembahkan untuk diriku, anak2ku, suamiku, orangtuaku, keluarga besarku, teman2ku dan semua orang yang punya mimpi dalam hidupnya serta berani untuk mencapainya.

Wednesday, September 5, 2012

Everything will be fine in the end. If it is not fine, it is not the end


Jakarta, 5 September 2012

Terinspirasi hasil percakapan via YM dengan cicitku tersayang Fitria Agustina Nursita. Makasih ya mba ita, karena dikau aku jadi kepikiran untuk nulis notes ini J

Kali ini aku mau mencoba menuliskan perjalanan kisah ku selama menjalani bisnis M-L.M Oriflame melalui jaringan d’BC Network.

Aku bergabung dengan d’BC Network tanggal 3 Desember 2011. Sangat hapal dengan tanggal ini karena ini bisa dibilang tanggal bersejarah pada hidupku.  Kenapa? Karena sejak aku bergabung sudah banyak sekali yg aku dapat, materi dan non materi.  Kita liat satu persatu ya .
Seperti yg mungkin sebagian kalian sudah tau, bergabung di bisnis oriflame memang bisa menghasilkan uang atau gaji setiap bulannya.  Sekarang aku mau kasih liat rangkaian gaji ku sejak aku bergabung ;)

Bulan/tahun
Katalog
Level
Bonus/gaji
Desember 2011
C12 2011
3%
Rp       23.497
Desember 2011
C13 2011
9%
Rp     335.716
Januari 2012
C1 2012
6%
Rp     192.681
Februari 2012
C2 2012
9%
Rp     168.801
Maret 2012
C3 2012
Manager 15%
Rp     665.381
April 2012
C4 2012
Manager 18%
Rp  2.586.058
Mei 2012
C5 2012
Senior Manager 21%
Rp  3.809.065
Juni 2012
C6 2012
Senior Manager 21%
Rp  3.948.227
Juli 2012
C7 2012
Manager 18%
Rp  2.379.133
Agustus 2012
C8 2012
Manager 18%
Rp  1.934.987

Tujuan aku memperlihatkan angka-angka diatas bukan utk pamer, jujur saja kayaknya gak pantes lah buat pamer hehehe, karena hitungannya belum banyak. Tapi tujuan aku adalah ingin blak2an sama kalian semua, ingin menggambarkan bahwa bisnis disini tidak selamanya mulus, tidak selamanya naik, ada kalanya naik dan ada kalanya turun.  Lihat saja bagian level dan bonus aku pada bulan januari 2012 lebih rendah daripada bulan desember 2011. Terus kemudian, walau level aku 9%di bulan Februari 2012 tapi bonus gaji ku kecil, hal ini dikarenakan pada saat itu downline ku yg tangguh memiliki level yg sama yaitu 9% juga. Dan ketika di bulan Maret 2012 pun bonus ku utk ukuran manager 15% adalah bonus yg sangat kecil, hal ini juga disebabkan karena lagi-lagi aku memiliki level yg sama dengan downlineku. Buat aku hal inilah yg menyebabkan system emelem oriflame bertahan sampai lebih dari 45 tahun sekarang, karena sistemnya terbukti sangat adil dan tidak merugikan siapapun bahkan mitos yg mengatakan kalo emelem itu yg enak hanya atas2 nya terbukti tidak berlaku disini.


Dear teman-teman semua, kalo boleh aku kilas balik lagi proses aku skr ya.
Awal gabung  di 3 desember  2011 aku seneng banget mencoba berjualan karena ternyata dapat keuntungan langsung itu sangatmenyenangkan. Tapi mulai masuk bulan kedua, aku udah kewalahan, catalog yg aku sebar tidak menghasilkan orderan. Aku sudah bingung kemana lagi aku harus jualan, masa ke orang yg sama. Gak mungkin juga dia terus yg beli. Ke keluarga ya kalo sesekali sih boleh, tp kalo keseringan aku takut mereka beli hanya karena ingin bantu aku saja. Akhirnya aku pun memutuskan bahwa aku harus ganti haluan utk mulai membina jaringan. Aku harus mulai lebih focus pada mengajak lebih banyak orang utk mencari penghasilan disini bukan dengan berjualan. Terus gimana dengan syarat tutup point (tupo) nya? yg mengharuskan kita belanja produk senilai 550-650ribu setiap bulannya? Waktu itu aku dengan terpaksa meminjam modal pada suami sekitar 1-2 juta demi bisa tutup point tanpa berjualan. Seiring berjalannya waktu, aku berharap jaringanku berkembang sehingga minimal aku bisa tupo dengan gaji dari oriflame. Tapi ketika menjalani 5 kali tupo (artinya hampir 5 bulan) dengan modal sendiri dan gaji dari oriflame pun belum bisa balik modal. Ketika Suami pun sudah mulai memberi sinyal2 yang kalo bisa diartikan, hei mana nihh untungnya? Kok belanja melulu gak ada hasilnya? Yah begitulah secara tidak langsung yg aku rasakan.  Wahhh jadi rada deg2an nihhh…Terus gimana nihhh, apa udah aja ya? Berhenti aja kali ya? Kayaknya emang aku gak cocok nih ikut bisnis seperti ini.

Saat itu jujur aja teman-teman, aku sangat bimbang dan bingung, kalo kata anak2 skr galau hehehe. Tapi Alhamdulillah aku membuat keputusan utk terus bertahan dan terus berusaha. Di bantu dengan upline dan jaringan serta fasilitas d’BCN yg luar biasa aku melewati itu semua dan sampai pada akhir bulan April 2012 jaringan ku mulai berkembang menjadi 92 orang. Dan diakhir bulan April level ku naik menjadi manager 18% dan dengan gaji sebesar Rp  2.586.058. Artinya gaji itu sudah bisa aku pakai tupo tanpa memberatkan suami dan bahkan kali ini berlebih utk bisa aku bagi dengan orang2 lain.

Jangan ditanya perasaanku saat itu, rasanya bahagiaaa banget bisa mulai berbagi lagi ke orang lain, khususnya ke orangtua. Yup, semenjak aku berhenti kerja di tahun 2005 otomatis aku gak pernah kasih hadiah ke orang tua yg benar2 adalah dari penghasilan aku sendiri. Jadi ketika aku sudah bisa lagi memberikan hadiah yg dihasilkan dari usaha sendiri rasanya nikmat tak terhingga. Dan semua masalah yg menghampiri rasanya tidak ada artinya. Kalaupun ada masalah, gpp aku rela kalau begini nikmat dan manis rasanya buah dari semua masalah itu.

Dibalik angka2 diatas sebetulnya tersimpan beribu cerita. Ada cerita menyenangkan dan cerita kurang menyenangkan.  Mau diceritain yg mana? Aku ceritakan dua-duanya ya hehe. Hal2 yg tidak menyenangkan yg aku rasakan sepanjang 9 bulan ini adalah menghadapi berbagai macam sifat dan karakter manusia yg luar biasa jenisnya hihihi, ada yg gampang ngambek, ada yg terlalu baik hati jadi kurang tegas, ada yg terlalu jutek padahal disiplin nya bagus banget, ada yg suka nulis dan selalu diakhiri dengan tanda seru daaan banyak lagi lainnya. Ditinggalin downline, pernah. Di omelin upline ya pernah juga.  Jaringan rasanya lambat naik, level stuck. Orang yg mau gabung gak jadi dan ngumpet, sering juga. Dan banyak lagi deh ya. Tapiii disisi lain byk juga fun nya. Dari mulai urusan wajah, yg skr lebih sering dipuji suami ;) terus dari persahabatan yang tulus saling nyemangatin kapanpun dimanapu. Acara2 seru yg kita bikin dari kita dan untuk kita di jaringan. Belajar bareng, ketawa bareng ketika ketemu sesuatu yg ‘aneh’ , alhamdulillah tiket ke BALI 2013 pun udah aku dapatkan gratis dari oriflame sebagai hadiah karena aku meraih level Senior manager di tahun 2012. Dan yang pasti ada hasil yg ditransfer ke rekening itu tuhhh yg tidak kalah menyenangkan hihihi. Dan aku pastikan akan banyak lagi hal2 yg menyenangkan dan tidak menyenangkan yang akan mewarnai kisahku disini. And I am happy to say that I am looking forward and can’t wait to experience all that :)

Nahh, ini kisahku menjalani  bisnis ini teman-teman, alhamdulillah aku skr masih terus bertahan dan akan memilih untuk terus berusaha dan terus maju bareng2 disini. Aku tau kisahku tidak seindah yang kalian bayangkan, tapi ini bukan akhir dari kisahku. Aku bisa jamin itu ;) Masih banyak yg akan bisa aku raih disini. Dan dengan keyakinan dan kesungguhan aku yakin bisa mencapai yg aku impikan.

Lalu bagaimana dengan kisahmu? mudah2an kalian memiliki kisah yg lebih indah dari aku, tp kalaupun tidak lebih indah, pastikan ini bukan akhir dari kisah kalian. Perjalanan ini masih panjang dan keputusan utk meraih akhir kisah yang baik atau tidak ada di tangan kita sendiri.

Yuk kita mulai juga menuliskan kisah kita sendiri, atau yang tadinya sudah berhenti, yuk kita lanjutkan lagi kisah kita, tapi jika akhirnya belum indah, yakin lah dan katakanlah pada diri sendiri bahwa ini bukan akhir kisahku.  Karena semua akan indah pada waktunya, jika sekarang belum indah, maka sekarang memang bukan saatnya. Terus lah lanjutkan perjuangan dan jadikan diri kita dan semua sahabat serta keluarga kita tercinta menjadi orang2 yang pantas utk mendapatkan yg terbaik.

PS: Notes ini dibuat sehari sebelum ulang tahun jaringan d’BC Network yg tercinta. Happy 6th birthday d’BCN ! I am proud to be dbcners. Jaringan no 1 se indonesia yang full support dan fasilitas dan pastinya berisi orang2 hebat sumber inspirasiku. VIVA d’BC Network! Wish you nothing but the best and let this be your best year and many great years more to come.

Salam hangat,
Siti Aisyah Farhana
Konsultan Oriflame yang tergabung di jaringan d'BC Network

1 comment:

  1. mbak nana, makasih share ceritanya, baca tulisannya mbak aku jd semangat lagi nih;D,
    kemaren sempat down krn turun level n rasanya udah mo nyerah aja, tp aku berusaha tetap bertahan dan pantang menyerah demi impian n org2 yg aku sayangi, kenaikan levelku selama 4bln gabung d'BCN sama persis kaya mbak nana, 3%, 9%, 6%, 9%, skr lg kejar 15%, Bismillah mudah2an terwujud.

    ReplyDelete